Memahami karakter bisnis Instagram

Bisnis Instagram

…telah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan lebih dari 800 juta aktif user perbulannya, Instagram menjadi salah satu jaringan media sosial terbesar di dunia. Jumlah pengguna dan tingginya engagement merupakan dua faktor utama, mengapa para marketers semakin menggunakan Instagram lebih serius ke dalam strategi bisnis online mereka dan berfokus ke bisnis Instagram.

Instabiz

Tapi, apa yang harus kita pikirkan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis Instagram dan apa karakteristik utama dari platform ini?

Pertama, Instagram sangat berorientasi visual. Ide utama dari platform ini adalah untuk berbagi foto dan video. Teks bersifat sekunder. Itu berarti konten visualnya menjadi kunci untuk menceritakan sebuah merek atau brand, untuk mempromosikan produk dan untuk berinteraksi dengan audience. Konsistensi dan kualitas tinggi disertai dengan konten yang bermakna adalah faktor kuncinya.

Di dalam Profil, yang disebut BIO, kita memiliki kemungkinan untuk menjelaskan kepribadian atau bisnis kita dalam 150 karakter. Itu tidak banyak, dan karena keterbatasan ini kita harus mengisi dengan tepat dan bijak. Bio juga merupakan tempat dimana para audience kita akan menemukan tautan Link dan informasi kontak ke situs web kita, toko, WA atau channel kontak lainnya yang kita pilih.

bisnis instagram hashtag

Konten di Instagram dicari dan ditemukan dengan menggunakan #Hashtag. Kita dapat menggunakan hingga 30 #Hashtag untuk setiap postingan. Tetapi karena adanya jutaan #Hashtag, kita perlu menyadari penggunaannya yang paling sesuai dengan bisnis kita. Dengan hanya menggunakan #Hashtag yang paling tren, yang juga sudah digunakan oleh jutaan postingan lainnya mungkin mengarah pada visibilitas yang sangat rendah, karena kita bersaing dengan semua akun lain yang menggunakan #Hashtag yang sama. Menggunakan #Hashtag yang paling relevan dan bahkan merek atau brand #Hashtag kita sendiri adalah kuncinya.

Dan yang sangat penting untuk menjadi sukses di Instagram adalah memahami demografis penggunanya.

80% dari semua pengguna Instagram tinggal di luar AS, sedangkan Instagram memiliki User yang relatif muda, yang suka berbagi dan mengkonsumsi konten yang visual. Lebih dari 50% User di Instagram berusia antara 18-29 tahun. Dan lebih dari 80% dari semua pengguna Instagram berusia lebih muda dari 50 tahun.

Sangat menarik adalah bahwa 80% User mem-follow sedikitnya satu bisnis di Instagram sedangkan setidaknya 30% User Instagram telah membeli produk yang mereka temukan pertama kali di Instagram.

Pada saat yang sama 65% dari Top-Performing Instagram Posts menampilkan produk.

Dengan memperhitungkan demografi, diperlukan strategi marketing yang valid dan memastikan kinerjanya dengan baik.

Instabiz

Saya akan berbagi lebih banyak wawasan dan gagasan untuk masing-masing point yang disebutkan di atas dalam postingan berikutnya. Disamping itu, saya juga akan memperlihatkan cara modern dalam berbisnis di Instagram serta contoh-contoh bisnis Instagram yang sudah sukses.

All the best and talk to you soon.

Niko Arabella

 

Follow saya di:

Leave a Comment