Cara Jualan di Instagram 2018

Cara Jualan di Instagram 2018

…saat ini lagi diminati oleh banyak orang. Mengapa Instagram? Karena Instagram merupakan platform media sosial yang sangat besar pertumbuhannya dikarenakan engagement audiens-nya yang sangat tinggi. Di Asia khususnya Indonesia, Instagram merupakan salah satu channel internet marketing yang sangat ampuh untuk berbisnis online.

Ide utama dari instagram adalah untuk berbagi foto dan juga video, sedangkan teks-nya bersifat sekunder. Ini berarti konten visualnya menjadi kunci untuk menceritakan sebuah produk ataupun Brand. Dan ini sangat cocok buat kalian yang sudah atau akan menjalani bisnis online dengan cara membuat toko online (online shop atau olshop) sedangkan bisnis offline (bisnis lokal) dengan cara mempromosi bisnis offline tersebut.

Sebuah artikel (Asian Correspondent) mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar terbesar untuk Instagram di Asia Pasifik dengan lebih dari 45 juta user aktif pada tahun 2017. Jumlah ini meningkat lebih dari 100% dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Jika kalian sudah mempunya ide bisnis yang matang, segeralah mulai membuat marketing plan kalian karena ini merupakan peluang bisnis yang sangat besar untuk berjualan di Instagram. Kapan waktu yang tepat untuk mulai jualan online? YA, Sekarang!

Berikut tips cara jualan di Instagram 2018:

1. Cara Jualan di Instagram lewat akun Instagram sendiri

Jika kalian sudah mempunyai akun Instagram untuk personal, buatlah akun khusus untuk toko online atau olshop kalian. Posting foto ataupun video produk kalian semenarik mungkin. Gunakan filter yang cocok dan sudut yang bagus dari produk kalian untuk diposting di Instagram dan sekaligus mempromosikan keunggulan produk-produk yang kalian tawarkan. Tulis keterangan tentang produk kalian secara rinci, jelas dan juga detail. Bila perlu gunakan emoji agar lebih memikat para konsumen kalian. Seperti yang saya lakukan sekarang 😉😆

Bagi yang belum memiliki akun Instagram, diwajibkan membuat akun terlebih dahulu. Jangan bersifat personal jika kalian ingin menggunakan akun ini untuk berjualan online. Buatlah akun yang mendefinisikan Toko Online atau Online Shop kalian. Buatlah Bio Instagram yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online kalian. Sesuaikan dengan niche produk kalian, agar users dan followers dapat dengan mudah mencari dan terhubung ke IG toko online kalian. Cari dan perbanyak followers dengan cara mem-follow toko online yang menawarkan produk yang hampir sama atau cocok dengan niche kalian dan follow followers mereka. Jika konten kalian cukup menarik pasti ada yang akan follow back akun kalian. Cara tersebut akan menambah jumlah follower kalian sendiri.

2. Cara Jualan di Instagram lewat Influencer Marketing

Ini merupakan salah satu strategi marketing dengan hanya menggunakan akun Instagram dari orang lain (pihak kedua). Bagaimana cara kerjanya? Gampang 😊
Kalian hanya perlu mencari akun IG yang kiranya cocok dengan niche produk kalian. Dan akun IG ini akan memposting produk kalian sesuai dengan habitat atau kebiasaan mereka dalam memposting foto-foto ataupun video mereka. Sehingga followers mereka dengan tidak langsung akan melihat produk kita melalui postingan yang mereka buat.

Contoh: Brand jam tangan terkenal „Daniel Wellington“ (didirikan pada tahun 2011) yang menggunakan strategi marketing hanya dengan influencer marketing di Instagram dan meraup pendapatan sebesar USD 200 juta dalam kurun waktu 4 tahun.

Perusahaan ini, kini sudah mempunyai 4 juta followers di Instagram dan dikenal sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Eropa dengan 4695% dalam tiga tahun terakhir.


3. Cara Jualan di Instagram lewat Paid Advertising

Seperti yang kita sudah ketahui, bahwa Instagram itu juga bagian atau milik dari Facebook. Nah, ini akan memudahkan kita untuk dapat beriklan di Instagram dengan lebih gampang. Gimana cara-nya? 🤔
Jika kita sudah mempunyai akun di Facebook (kalau belum, tolong bikin akun Facebook dulu ya 😆), ada tool yang dinamakan Business Manager. Di dalam Business Manager tersebut ada 1 opsi targeting yang isinya: di platform media sosial yang mana kita ingin beriklan? Di Facebook, Facebook Messenger, Facebook Audience Network atau di Instagram. Sooo, kalian sudah tahu kan harus klik yang mana? 😄

Demikianlah penjelasan tentang tips cara jualan di Instagram 2018, semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memulai bisnis online sebagai tempat untuk mencari uang tambahan dengan berjualan di Instagram.

„The secret of change is to FOCUS all of your energy, not on fighting the old, but on BUILDING THE NEW“ – Socrates.

„The succesful WARRIOR is the average man, with laser-like FOCUS“ – Bruce Lee.

Salam sukses,

Niko Arabella

Follow saya di:




Leave a Comment