Memahami karakter bisnis Instagram

Memahami karakter bisnis Instagram

Bisnis Instagram

…telah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan lebih dari 800 juta aktif user perbulannya, Instagram menjadi salah satu jaringan media sosial terbesar di dunia. Jumlah pengguna dan tingginya engagement merupakan dua faktor utama, mengapa para marketers semakin menggunakan Instagram lebih serius ke dalam strategi bisnis online mereka dan berfokus ke bisnis Instagram.

Instabiz

Tapi, apa yang harus kita pikirkan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis Instagram dan apa karakteristik utama dari platform ini?

Pertama, Instagram sangat berorientasi visual. Ide utama dari platform ini adalah untuk berbagi foto dan video. Teks bersifat sekunder. Itu berarti konten visualnya menjadi kunci untuk menceritakan sebuah merek atau brand, untuk mempromosikan produk dan untuk berinteraksi dengan audience. Konsistensi dan kualitas tinggi disertai dengan konten yang bermakna adalah faktor kuncinya.

Di dalam Profil, yang disebut BIO, kita memiliki kemungkinan untuk menjelaskan kepribadian atau bisnis kita dalam 150 karakter. Itu tidak banyak, dan karena keterbatasan ini kita harus mengisi dengan tepat dan bijak. Bio juga merupakan tempat dimana para audience kita akan menemukan tautan Link dan informasi kontak ke situs web kita, toko, WA atau channel kontak lainnya yang kita pilih.

bisnis instagram hashtag

Konten di Instagram dicari dan ditemukan dengan menggunakan #Hashtag. Kita dapat menggunakan hingga 30 #Hashtag untuk setiap postingan. Tetapi karena adanya jutaan #Hashtag, kita perlu menyadari penggunaannya yang paling sesuai dengan bisnis kita. Dengan hanya menggunakan #Hashtag yang paling tren, yang juga sudah digunakan oleh jutaan postingan lainnya mungkin mengarah pada visibilitas yang sangat rendah, karena kita bersaing dengan semua akun lain yang menggunakan #Hashtag yang sama. Menggunakan #Hashtag yang paling relevan dan bahkan merek atau brand #Hashtag kita sendiri adalah kuncinya.

Dan yang sangat penting untuk menjadi sukses di Instagram adalah memahami demografis penggunanya.

80% dari semua pengguna Instagram tinggal di luar AS, sedangkan Instagram memiliki User yang relatif muda, yang suka berbagi dan mengkonsumsi konten yang visual. Lebih dari 50% User di Instagram berusia antara 18-29 tahun. Dan lebih dari 80% dari semua pengguna Instagram berusia lebih muda dari 50 tahun.

Sangat menarik adalah bahwa 80% User mem-follow sedikitnya satu bisnis di Instagram sedangkan setidaknya 30% User Instagram telah membeli produk yang mereka temukan pertama kali di Instagram.

Pada saat yang sama 65% dari Top-Performing Instagram Posts menampilkan produk.

Dengan memperhitungkan demografi, diperlukan strategi marketing yang valid dan memastikan kinerjanya dengan baik.

Instabiz

Saya akan berbagi lebih banyak wawasan dan gagasan untuk masing-masing point yang disebutkan di atas dalam postingan berikutnya. Disamping itu, saya juga akan memperlihatkan cara modern dalam berbisnis di Instagram serta contoh-contoh bisnis Instagram yang sudah sukses.

All the best and talk to you soon.

Niko Arabella

 

Follow saya di:

cara jualan di instagram 2018

Cara Jualan di Instagram 2018

Cara Jualan di Instagram 2018

…saat ini lagi diminati oleh banyak orang. Mengapa Instagram? Karena Instagram merupakan platform media sosial yang sangat besar pertumbuhannya dikarenakan engagement audiens-nya yang sangat tinggi. Di Asia khususnya Indonesia, Instagram merupakan salah satu channel internet marketing yang sangat ampuh untuk berbisnis online.

Ide utama dari instagram adalah untuk berbagi foto dan juga video, sedangkan teks-nya bersifat sekunder. Ini berarti konten visualnya menjadi kunci untuk menceritakan sebuah produk ataupun Brand. Dan ini sangat cocok buat kalian yang sudah atau akan menjalani bisnis online dengan cara membuat toko online (online shop atau olshop) sedangkan bisnis offline (bisnis lokal) dengan cara mempromosi bisnis offline tersebut.

Sebuah artikel (Asian Correspondent) mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar terbesar untuk Instagram di Asia Pasifik dengan lebih dari 45 juta user aktif pada tahun 2017. Jumlah ini meningkat lebih dari 100% dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Jika kalian sudah mempunya ide bisnis yang matang, segeralah mulai membuat marketing plan kalian karena ini merupakan peluang bisnis yang sangat besar untuk berjualan di Instagram. Kapan waktu yang tepat untuk mulai jualan online? YA, Sekarang!

Berikut tips cara jualan di Instagram 2018:

1. Cara Jualan di Instagram lewat akun Instagram sendiri

Jika kalian sudah mempunyai akun Instagram untuk personal, buatlah akun khusus untuk toko online atau olshop kalian. Posting foto ataupun video produk kalian semenarik mungkin. Gunakan filter yang cocok dan sudut yang bagus dari produk kalian untuk diposting di Instagram dan sekaligus mempromosikan keunggulan produk-produk yang kalian tawarkan. Tulis keterangan tentang produk kalian secara rinci, jelas dan juga detail. Bila perlu gunakan emoji agar lebih memikat para konsumen kalian. Seperti yang saya lakukan sekarang 😉😆

Bagi yang belum memiliki akun Instagram, diwajibkan membuat akun terlebih dahulu. Jangan bersifat personal jika kalian ingin menggunakan akun ini untuk berjualan online. Buatlah akun yang mendefinisikan Toko Online atau Online Shop kalian. Buatlah Bio Instagram yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online kalian. Sesuaikan dengan niche produk kalian, agar users dan followers dapat dengan mudah mencari dan terhubung ke IG toko online kalian. Cari dan perbanyak followers dengan cara mem-follow toko online yang menawarkan produk yang hampir sama atau cocok dengan niche kalian dan follow followers mereka. Jika konten kalian cukup menarik pasti ada yang akan follow back akun kalian. Cara tersebut akan menambah jumlah follower kalian sendiri.

2. Cara Jualan di Instagram lewat Influencer Marketing

Ini merupakan salah satu strategi marketing dengan hanya menggunakan akun Instagram dari orang lain (pihak kedua). Bagaimana cara kerjanya? Gampang 😊
Kalian hanya perlu mencari akun IG yang kiranya cocok dengan niche produk kalian. Dan akun IG ini akan memposting produk kalian sesuai dengan habitat atau kebiasaan mereka dalam memposting foto-foto ataupun video mereka. Sehingga followers mereka dengan tidak langsung akan melihat produk kita melalui postingan yang mereka buat.

Contoh: Brand jam tangan terkenal „Daniel Wellington“ (didirikan pada tahun 2011) yang menggunakan strategi marketing hanya dengan influencer marketing di Instagram dan meraup pendapatan sebesar USD 200 juta dalam kurun waktu 4 tahun.

Perusahaan ini, kini sudah mempunyai 4 juta followers di Instagram dan dikenal sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Eropa dengan 4695% dalam tiga tahun terakhir.


3. Cara Jualan di Instagram lewat Paid Advertising

Seperti yang kita sudah ketahui, bahwa Instagram itu juga bagian atau milik dari Facebook. Nah, ini akan memudahkan kita untuk dapat beriklan di Instagram dengan lebih gampang. Gimana cara-nya? 🤔
Jika kita sudah mempunyai akun di Facebook (kalau belum, tolong bikin akun Facebook dulu ya 😆), ada tool yang dinamakan Business Manager. Di dalam Business Manager tersebut ada 1 opsi targeting yang isinya: di platform media sosial yang mana kita ingin beriklan? Di Facebook, Facebook Messenger, Facebook Audience Network atau di Instagram. Sooo, kalian sudah tahu kan harus klik yang mana? 😄

Demikianlah penjelasan tentang tips cara jualan di Instagram 2018, semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memulai bisnis online sebagai tempat untuk mencari uang tambahan dengan berjualan di Instagram.

„The secret of change is to FOCUS all of your energy, not on fighting the old, but on BUILDING THE NEW“ – Socrates.

„The succesful WARRIOR is the average man, with laser-like FOCUS“ – Bruce Lee.

Salam sukses,

Niko Arabella

Follow saya di:




Facebook Advertising

5 alasan mengapa beriklan di facebook lagi HOT

Facebook adalah salah satu channel periklanan online yang paling booming saat ini. Dirancang sebagai platform media sosial di mana keluarga dan teman dapat berinteraksi, berbagi foto, mengadakan diskusi dan banyak lagi, Facebook juga telah menjadi tempat bagi jutaan pembisnis yang sukses di seluruh dunia untuk mendorong marketing mereka. Bagi banyak perusahaan, beriklan di Facebook adalah kunci untuk mengarahkan user traffic ke penawaran mereka dan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan. Dan dalam postingan ini, saya ingin membahas 5 alasan kenapa marketing melalui Facebook begitu sangat menarik.

FaceBIZ

1) Jumlah pengguna Facebook sangat besar di dunia dan di Indonesia

Poin pertama dalam list ini tentu saja adalah volume user yang sangat besar yang dapat di akses dalam lingkup Facebook. Di seluruh dunia, ada lebih dari 2,13 miliar pengguna Facebook aktif per bulan dan dari jumlah tersebut 1,15 miliar merupakan pengguna ponsel aktif setiap harinya. SETIAP HARI! Itu berarti sepertiga dari seluruh populasi dunia, ada di Facebook.

Apa artinya ini bagi kita? Secara statistik, Facebook terlalu besar untuk diabaikan.

Selain itu, kita juga tidak hanya terhubung dengan users melalui Facebook tetapi juga melalui platform lain yang merupakan bagian dari ekosistem Facebook dan juga menjangkau volume users yang sangat tinggi. Kemungkinan untuk menjalankan usaha marketing Anda dalam sebuah platform seperti Facebook, Instagram, Whatsapp atau di dalam Facebook Messenger, yang semuanya termasuk dalam satu ekosistem yang sama, merupakan peluang yang sangat bagus bagi para marketers karena kita dapat terhubung dengan data points, mengoptimalkan budget kita, sinkronisasi aktivitas dan masih banyak lagi.

beriklan di facebook ekosistem

Menurut beberapa penelitian yang aktual, lebih dari satu miliar orang melihat iklan melalui Facebook Audience Network setiap bulan. Hanya dengan membayangkan, bahwa para pengguna ini tidak hanya melihat newsfeeds Facebook mereka, tetapi juga akun Instagram, messenger dan lainnya, kita dapat memahami sejauh mana jangkauan target audiens yang tersedia melalui iklan Facebook.

Yang sangat menarik juga adalah angka di pasar Indonesia. Saat ini, kita memiliki hampir 133 juta internet users di Indonesia, yang berarti mencakup 50% dari keseluruhan populasinya. Dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dari tahun ke tahun, potensi pasar Indonesia sangatlah positif.

Pada saat yang bersamaan, pangsa pasar Facebook sangat besar dengan 126 juta users saat ini. Konstelasi ini sangat menarik dan menunjukkan bahwa Facebook diperlukan untuk mewakili strategi channel yang penting dalam marketing mix bagi para marketers yang serius.

Internet Users

2) Opsi targeting yang sangat bagus

Yang mengesankan bukan hanya jumlah pengguna tapi juga berbagai macam fungsi yang bisa kita gunakan untuk mendukung aktivitas marketing kita. Melalui Facebook Advertising, kita dapat menyesuaikan target audiens. Misalnya, mungkin untuk menarget orang berdasarkan minat mereka, demografi, lokasi, tindakan dalam website Anda, keterlibatan dalam aplikasi Anda dan masih banyak lagi.

Dibandingkan dengan bentuk iklan tradisional seperti billboard offline, iklan di surat kabar atau yang lainnya, Facebook adalah solusi periklanan terbaik untuk membuat sasaran kelompok yang tertarget dengan ROI yang tinggi.

FaceBIZ

3) Penggunaan Cara Retargeting yang sangat Powerful

Melalui Facebook Advertising, kita tidak mempunyai batasan untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang menemukan merek kita melalui Facebook. Tetapi kita juga dapat menarget audiens kita yang berkualitas seperti, pengunjung website dan email subscribers. Ini mungkin, dengan menggunakan fitur ampuh “Website Custom Audiences” dan “Lookalike Audiences”. Dengan hanya copy paste kode HTML (Facebook Pixel) ke halaman tertentu dari website kita, kita dapat menarget orang-orang yang mengunjungi Pages tersebut dengan Facebook Ads.

Hanya untuk memberikan gambaran:

Bayangkan ada user yang tertarik dengan Nike Sport Shoes. Dia menjelajahi Toko Online Nike tetapi meninggalkan website tersebut tanpa mengambil tindakan lebih lanjut, misalnya seperti menyelesaikan pembelian.

Dengan menerapkan Facebook Pixel di website mereka, Nike dapat melacak sepatu mana yang dicari oleh user tersebut dan konten mana yang dia konsumsi. Dengan pengetahuan ini, Nike kemudian dapat menampilkan iklan kepada pengguna tersebut dengan jenis sepatu yang persis, di mana dia menunjukkan minatnya.

contoh beriklan di facebook

Teknik ini dapat digunakan untuk semua jenis produk atau layanan. Membuat “Website Custom Audience” untuk user yang meninggalkan sales page kita, sementara mengecualikan mereka  yang berhasil masuk ke halaman “terima kasih” kita, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan konversi.

Selain itu melalui “Lookalike Audience” kita dapat membiarkan algoritme Facebook menemukan target audiens yang mirip dengan pengguna website kita atau email subscriber yang kita telah upload ke Facebook Business Manager kita.

Saya juga menunjukkan teknik online marketing dalam eCourse saya terbaru tentang  Facebook Advertising. Ecourse tersebut bernama “FaceBIZ” yang mencakup 30 video tentang iklan online melalui Facebook dari A-Z. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut.

Metode remarketing yang disebutkan di atas telah terbukti sangat efektif dan hasil positif telah ditunjukkan dalam berbagai studi kasus.

Sekadar menyebutkan dua di antaranya:

Ketika tim pemasaran Banana Republic dan Secret Escapes mempekerjakan penggunaan teknik “Lookalike Audiences”, mereka melihat peningkatan 60% dan 134% pada tingkat click-through rate.

 

4) Jalani Facebook Ads sesuai goal kita

Melalui Facebook kita memiliki berbagai pilihan jenis iklan yang ingin kita jalankan. Ini penting karena tidak setiap kampanye memiliki tujuan yang sama dan kita perlu menentukan goal yang ingin kita miliki saat kita menyiapkan kampanye.

Facebook menyebut goals ini “Objectives”. Kita dapat memilih antara “Awareness”, “Consideration” dan “Conversion”.

beriklan di facebook objectives

Alasan Facebook bertanya tentang tujuan kampanye kita, yaitu, karena untuk menentukan format kampanye iklan, opsi penawaran, dan pengoptimalan yang otomatis.

Jadi, jika kita memberitahu Facebook tentang tujuan kita, ini akan mengoptimalkan iklan kita secara otomatis untuk memberikan hasil yang lebih optimal lagi.

Objective pertama “Awareness” adalah objective yang tepat, jika tujuan kita untuk menciptakan efek pencitraan merek dalam bisnis kita.

Jika kita ingin meningkatkan minat dari orang-orang yang sudah mengetahui merek kita, maka alangkah baiknya jika kita melihat lebih dekat lagi dari objective “Consideration”.

Final dari set objective ini berfokus pada Conversion.

Objective Conversion bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang melakukan tindakan atau aksi tertentu, misalnya: sign-up untuk download eBook di website kita. Kampanye ini mengharuskan Anda untuk meng-install Facebook Pixel di website Anda dengan benar, sebagai cara untuk menghitung conversion-nya. Kita juga kemudian dapat memilih Conversion mana yang akan dioptimalkan saat membuat kampanye. Ini bisa termasuk standar Facebook conversion seperti: pembelian dan check-out atau conversion custom Anda sendiri. Facebook kemudian akan mengoptimalkan dalam pencarian user yang kemungkinan besar menyelesaikan conversion ini.

Melalui opsi yang ditunjukkan di atas, Facebook memberi kita fitur-fitur hebat untuk memilih jenis kampanye yang paling pas tergantung pada tujuan kita. Dengan cara itu kita dapat mengoptimalkan komunikasi kita dengan target audience, tergantung pada tahap mana  funnel penjualan kita, yang akan membantu kita untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi dan kembalinya usaha advertising kita.

FaceBIZ

5) Semua orang bisa!

Keindahan dari Facebook Advertising adalah bahwa setiap orang dapat mempelajarinya dan memulai bisnis online melalui channel online marketing yang sangat efektif ini.

Basic setupnya tidak terlalu rumit dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Begitu mulai, kita dapat mempelajari strategi dan teknik yang lebih maju lagi untuk mengembangkan bisnis kita secara berkelanjutan.

Apakah kita memerlukan investasi besar untuk memulai dengan Iklan Facebook?

Itu tergantung dengan apa yang kita definisikan sebagai “Besar” dan tentu saja semuanya tergantung pada tujuan individu kita. Tetapi secara umum kita bahkan tidak perlu investasi besar untuk mulai menjalankan iklan di Facebook.

Saya perlihatkan Anda contoh konkretnya:

beriklan di facebook statistik

Saya menjalankan beberapa kampanye. Dan ini salah satunya. Dalam kampanye ini, saya membayar antara Rp. 500 dan Rp. 900 per lead. Ini berarti dengan budget Rp. 25.000 kita bisa menghasilkan antara 50 dan 30 lead per hari, dan yang sekitar 1.500 lead per bulan.

Rp. 25.000 per hari = 1.500 leads per bulan.

Bagaimana caranya?

Nah itu yang saya perlihatkan dalam ecourse terbaru saya, bernama FaceBIZ dan bisa ditemukan disini:

http://facebiz.co

Semoga bermanfaat dan salam sukses,

Niko Arabella

FaceBIZ

cara bisnis instagram

5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Menggunakan Instagram di 2018

Terlepas dari apakah Anda menggunakan Instagram untuk marketing, Anda perlu mengetahui 5 alasan dibawah ini, tentang mengapa Instagram dapat memberikan dampak yang besar bagi bisnis Anda dibandingkan dengan platform sosial lainnya, ketika menyangkut Marketing. Jika Anda menggunakan Instagram untuk berbisnis, mungkin Anda ingin belajar sesuatu, yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Dan jika Anda tidak menggunakan Instagram? Nah, mungkin postingan ini akan membangkitkan minat Anda untuk mencoba sesuatu yang baru.

Instabiz

1) Potensi sangat besar

Dengan lebih dari 800 juta active users yang membuat lebih dari 100 juta keping konten setiap harinya, Instagram tentu saja menjadi salah satu platform terbaik untuk marketing media sosial.

Selain itu, Indonesia adalah pasar terbesar di Asia Pasifik untuk Instagram, dengan lebih dari 45 juta active users pada tahun 2017. Peningkatan ini lebih dari 100% dibandingkan tahun sebelumnya.

2) Engagement tinggi

Yang terpenting untuk menjadi sukses dalam bisnis online adalah untuk engage dengan target audiens Anda dan engagement yang mereka berikan kepada Anda.

Instagram dibandingkan dengan platform media sosial lainnya, memiliki engagement rate yang paling tinggi, yang berarti bahwa Instagram users besar kemungkinannya untuk mengkonsumsi, like dan share konten Anda.

3) Sudah terbukti

Banyak Brand seperti Daniel Wellington sudah membuktikan bahwa melakukan bisnis online lewat Instagram dapat menjadi sukses dengan luar biasa. Dengan menggunakan Instagram dan menerapkan strategi marketing modern yang disebut “Influencer Marketing”, Daniel Wellington mampu mencapai pendapatan tahunan lebih dari $200 juta hanya dalam waktu 4 tahun.

4) Setiap orang bisa

Bisnis online melalui Instagram dapat dimulai dan dilakukan oleh semua orang. Semua yang Anda perlukan hanya koneksi internet, smartphone dan akun Instagram. Mudah bukan….. jadi tunggu apalagi!?

Instabiz

5) Tidak perlu modal untuk mulai

Untuk memulai bisnis melalui Instagram Anda tidak memerlukan modal. Cukup siapkan akun Instagram dan untuk berinterkasi dengan audiens juga tidak membutuhkan uang. Dengan menggunakan sales strategy yang dinamakan Dropshipping, dimana Anda hanya cukup untuk memesan produk dari supplier SETELAH pelanggan Anda membelinya dari Anda, tidak perlu investasi dengan stok produk Anda sendiri.

Untuk memperlihatkan kepada Anda semua kelebihan bisnis online yang profesional dan modern lewat Instagram, saya telah menyiapkan dan menggabungkan eCourse dengan 17 advanced videos dengan unik.

Apakah ada seseorang yang tidak ingin sukses dan/atau ingin mendapatkan keuntungan dari kebebasan dalam berbisnis online dengan sukses?

“Instagram telah menjadi luar biasa besar bagi produk konsumen yang beraneka ragam, seperti makanan, pakaian dan kosmetik,” said the Multimedia Journalist at CNBC International, Uptin Saiidi.

Dan Giordano Contestabile, CEO at Activate mengatakan: “Influencer Marketing telah berkembang secara eksponensial selama dua tahun terakhir.”

Inilah alasannya mengapa ecourse saya terbaru yang bernama InstaBIZ, mempunyai GOL untuk memperlihatkan kepada Anda teknik terbaru dan terbaik tentang cara berbisnis di Instagram.

Dan lebih banyak lagi fakta dan alasan, mengapa berbisnis lewat Instagram dapat begitu efektif dikumpulkan dalam infografis berikut:

InstaBIZ Mulai Bisnis Instagram

Jika Anda bersemangat dengan potensi yang sangat besar dalam memanfaatkan Instagram seperti saya, saya berharap dapat bertemu dengan Anda lagi di eCourse InstaBIZ saya, dimana Anda memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi tentang cara-cara modern melakukan bisnis lewat Instagram.

Instabiz

See you there,
Niko Arabella

Follow saya di: