5 alasan mengapa beriklan di facebook lagi HOT

Facebook adalah salah satu channel periklanan online yang paling booming saat ini. Dirancang sebagai platform media sosial di mana keluarga dan teman dapat berinteraksi, berbagi foto, mengadakan diskusi dan banyak lagi, Facebook juga telah menjadi tempat bagi jutaan pembisnis yang sukses di seluruh dunia untuk mendorong marketing mereka. Bagi banyak perusahaan, beriklan di Facebook adalah kunci untuk mengarahkan user traffic ke penawaran mereka dan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan. Dan dalam postingan ini, saya ingin membahas 5 alasan kenapa marketing melalui Facebook begitu sangat menarik.

FaceBIZ

1) Jumlah pengguna Facebook sangat besar di dunia dan di Indonesia

Poin pertama dalam list ini tentu saja adalah volume user yang sangat besar yang dapat di akses dalam lingkup Facebook. Di seluruh dunia, ada lebih dari 2,13 miliar pengguna Facebook aktif per bulan dan dari jumlah tersebut 1,15 miliar merupakan pengguna ponsel aktif setiap harinya. SETIAP HARI! Itu berarti sepertiga dari seluruh populasi dunia, ada di Facebook.

Apa artinya ini bagi kita? Secara statistik, Facebook terlalu besar untuk diabaikan.

Selain itu, kita juga tidak hanya terhubung dengan users melalui Facebook tetapi juga melalui platform lain yang merupakan bagian dari ekosistem Facebook dan juga menjangkau volume users yang sangat tinggi. Kemungkinan untuk menjalankan usaha marketing Anda dalam sebuah platform seperti Facebook, Instagram, Whatsapp atau di dalam Facebook Messenger, yang semuanya termasuk dalam satu ekosistem yang sama, merupakan peluang yang sangat bagus bagi para marketers karena kita dapat terhubung dengan data points, mengoptimalkan budget kita, sinkronisasi aktivitas dan masih banyak lagi.

beriklan di facebook ekosistem

Menurut beberapa penelitian yang aktual, lebih dari satu miliar orang melihat iklan melalui Facebook Audience Network setiap bulan. Hanya dengan membayangkan, bahwa para pengguna ini tidak hanya melihat newsfeeds Facebook mereka, tetapi juga akun Instagram, messenger dan lainnya, kita dapat memahami sejauh mana jangkauan target audiens yang tersedia melalui iklan Facebook.

Yang sangat menarik juga adalah angka di pasar Indonesia. Saat ini, kita memiliki hampir 133 juta internet users di Indonesia, yang berarti mencakup 50% dari keseluruhan populasinya. Dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dari tahun ke tahun, potensi pasar Indonesia sangatlah positif.

Pada saat yang bersamaan, pangsa pasar Facebook sangat besar dengan 126 juta users saat ini. Konstelasi ini sangat menarik dan menunjukkan bahwa Facebook diperlukan untuk mewakili strategi channel yang penting dalam marketing mix bagi para marketers yang serius.

Internet Users

2) Opsi targeting yang sangat bagus

Yang mengesankan bukan hanya jumlah pengguna tapi juga berbagai macam fungsi yang bisa kita gunakan untuk mendukung aktivitas marketing kita. Melalui Facebook Advertising, kita dapat menyesuaikan target audiens. Misalnya, mungkin untuk menarget orang berdasarkan minat mereka, demografi, lokasi, tindakan dalam website Anda, keterlibatan dalam aplikasi Anda dan masih banyak lagi.

Dibandingkan dengan bentuk iklan tradisional seperti billboard offline, iklan di surat kabar atau yang lainnya, Facebook adalah solusi periklanan terbaik untuk membuat sasaran kelompok yang tertarget dengan ROI yang tinggi.

FaceBIZ

3) Penggunaan Cara Retargeting yang sangat Powerful

Melalui Facebook Advertising, kita tidak mempunyai batasan untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang menemukan merek kita melalui Facebook. Tetapi kita juga dapat menarget audiens kita yang berkualitas seperti, pengunjung website dan email subscribers. Ini mungkin, dengan menggunakan fitur ampuh “Website Custom Audiences” dan “Lookalike Audiences”. Dengan hanya copy paste kode HTML (Facebook Pixel) ke halaman tertentu dari website kita, kita dapat menarget orang-orang yang mengunjungi Pages tersebut dengan Facebook Ads.

Hanya untuk memberikan gambaran:

Bayangkan ada user yang tertarik dengan Nike Sport Shoes. Dia menjelajahi Toko Online Nike tetapi meninggalkan website tersebut tanpa mengambil tindakan lebih lanjut, misalnya seperti menyelesaikan pembelian.

Dengan menerapkan Facebook Pixel di website mereka, Nike dapat melacak sepatu mana yang dicari oleh user tersebut dan konten mana yang dia konsumsi. Dengan pengetahuan ini, Nike kemudian dapat menampilkan iklan kepada pengguna tersebut dengan jenis sepatu yang persis, di mana dia menunjukkan minatnya.

contoh beriklan di facebook

Teknik ini dapat digunakan untuk semua jenis produk atau layanan. Membuat “Website Custom Audience” untuk user yang meninggalkan sales page kita, sementara mengecualikan mereka  yang berhasil masuk ke halaman “terima kasih” kita, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan konversi.

Selain itu melalui “Lookalike Audience” kita dapat membiarkan algoritme Facebook menemukan target audiens yang mirip dengan pengguna website kita atau email subscriber yang kita telah upload ke Facebook Business Manager kita.

Saya juga menunjukkan teknik online marketing dalam eCourse saya terbaru tentang  Facebook Advertising. Ecourse tersebut bernama “FaceBIZ” yang mencakup 30 video tentang iklan online melalui Facebook dari A-Z. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut.

Metode remarketing yang disebutkan di atas telah terbukti sangat efektif dan hasil positif telah ditunjukkan dalam berbagai studi kasus.

Sekadar menyebutkan dua di antaranya:

Ketika tim pemasaran Banana Republic dan Secret Escapes mempekerjakan penggunaan teknik “Lookalike Audiences”, mereka melihat peningkatan 60% dan 134% pada tingkat click-through rate.

 

4) Jalani Facebook Ads sesuai goal kita

Melalui Facebook kita memiliki berbagai pilihan jenis iklan yang ingin kita jalankan. Ini penting karena tidak setiap kampanye memiliki tujuan yang sama dan kita perlu menentukan goal yang ingin kita miliki saat kita menyiapkan kampanye.

Facebook menyebut goals ini “Objectives”. Kita dapat memilih antara “Awareness”, “Consideration” dan “Conversion”.

beriklan di facebook objectives

Alasan Facebook bertanya tentang tujuan kampanye kita, yaitu, karena untuk menentukan format kampanye iklan, opsi penawaran, dan pengoptimalan yang otomatis.

Jadi, jika kita memberitahu Facebook tentang tujuan kita, ini akan mengoptimalkan iklan kita secara otomatis untuk memberikan hasil yang lebih optimal lagi.

Objective pertama “Awareness” adalah objective yang tepat, jika tujuan kita untuk menciptakan efek pencitraan merek dalam bisnis kita.

Jika kita ingin meningkatkan minat dari orang-orang yang sudah mengetahui merek kita, maka alangkah baiknya jika kita melihat lebih dekat lagi dari objective “Consideration”.

Final dari set objective ini berfokus pada Conversion.

Objective Conversion bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang melakukan tindakan atau aksi tertentu, misalnya: sign-up untuk download eBook di website kita. Kampanye ini mengharuskan Anda untuk meng-install Facebook Pixel di website Anda dengan benar, sebagai cara untuk menghitung conversion-nya. Kita juga kemudian dapat memilih Conversion mana yang akan dioptimalkan saat membuat kampanye. Ini bisa termasuk standar Facebook conversion seperti: pembelian dan check-out atau conversion custom Anda sendiri. Facebook kemudian akan mengoptimalkan dalam pencarian user yang kemungkinan besar menyelesaikan conversion ini.

Melalui opsi yang ditunjukkan di atas, Facebook memberi kita fitur-fitur hebat untuk memilih jenis kampanye yang paling pas tergantung pada tujuan kita. Dengan cara itu kita dapat mengoptimalkan komunikasi kita dengan target audience, tergantung pada tahap mana  funnel penjualan kita, yang akan membantu kita untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi dan kembalinya usaha advertising kita.

FaceBIZ

5) Semua orang bisa!

Keindahan dari Facebook Advertising adalah bahwa setiap orang dapat mempelajarinya dan memulai bisnis online melalui channel online marketing yang sangat efektif ini.

Basic setupnya tidak terlalu rumit dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Begitu mulai, kita dapat mempelajari strategi dan teknik yang lebih maju lagi untuk mengembangkan bisnis kita secara berkelanjutan.

Apakah kita memerlukan investasi besar untuk memulai dengan Iklan Facebook?

Itu tergantung dengan apa yang kita definisikan sebagai “Besar” dan tentu saja semuanya tergantung pada tujuan individu kita. Tetapi secara umum kita bahkan tidak perlu investasi besar untuk mulai menjalankan iklan di Facebook.

Saya perlihatkan Anda contoh konkretnya:

beriklan di facebook statistik

Saya menjalankan beberapa kampanye. Dan ini salah satunya. Dalam kampanye ini, saya membayar antara Rp. 500 dan Rp. 900 per lead. Ini berarti dengan budget Rp. 25.000 kita bisa menghasilkan antara 50 dan 30 lead per hari, dan yang sekitar 1.500 lead per bulan.

Rp. 25.000 per hari = 1.500 leads per bulan.

Bagaimana caranya?

Nah itu yang saya perlihatkan dalam ecourse terbaru saya, bernama FaceBIZ dan bisa ditemukan disini:

http://facebiz.co

Semoga bermanfaat dan salam sukses,

Niko Arabella

FaceBIZ

Leave a Comment